5 Aplikasi Kuliah Online Gratis Untuk Siapapun

5 Aplikasi Kuliah Online Gratis Untuk Siapapun

Jangan sungkan untuk menambah ilmu karena berpikir bahwa ilmu itu mahal. Di era, modern ini sekarang ini internet dapat dimanfaatkan sebaik mungkin termasuk untuk menambah ilmu seperti halnya mereka yang kuliah di perguruan tinggi. Aplikasi kuliah online gratis dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

Berbagai macam ilmu dapat dipelajari melalui aplikasi kuliah online gratis. Dari mulai koding, belajar Bahasa inggris, belajar menulis artikel, dan sebagainya secara gratis. Mungkin setiap orang hanya mengetahui youtube sebagai akses untuk belajar online. Perlu diketahui inilah  aplikasi yang dapat membantu untuk mendapatkan ilmu secara gratis:

1. Duolingo

Ingin lancar berbahasa inggris dan dapat mengikuti pertukaran pelajar ke luar negeri. Tepai, tidak mampu untuk membayar kursus offline yang sangat mahal. Walaupun ada berbagai kursus online masih akan tetapi masih memerlukan pembayaran tidak serta merta gratis. Solusinya adalah menginstall aplikasi Duolingo.

Aplikasi Duolingo adalah aplikasi belajar Bahasa inggris secara gratis dari sama sekali belum mengetahui basic Bahasa inggris sampai lancar berbahasa inggris. Di pertemuan awal pada aplikasi ini akan memberikan tes Bahasa inggris supaya dapat menilai sejauh mana kemampuan Bahasa inggris dan akan disesuaikan dengan pelajaran yang akan diajarkan.

2. Classroom

Aplikasi ini sangat ramai sekali digunakan ketika awal pandemic. Hamper seluruh sekolah dan perguruan tinggi langsung beralih ke google classroom. Karena menyediakan fitur pembagian kelas yang mudah di pahami dan juga antara guru atau dosen dengan peserta didik dapat mendapatkan informasi dan melakukan komunikasi secara efektif.

Aplikasi memiliki banyak pengguna karena memiliki sistem berbasis android dimana hamper semua peserta didik memiliki smartphone berbasis android sehingga mudah untuk di aplikasikan pembelajaran online menggunakan google classroom.

3. Edmodo

Jauh sebelum pandemic melanda Negara Indonesia. Edmodo sudah dulu eksis dibandingkan classroom sebagai aplikasi kuliah online secara gratis. Seperti halnya classroom Edmodo juga menghubungkan komunikasi pembelajaran dengan tiga pihak pertama pastinya seorang pengajar, kedua peserta didik dan yang ketiga orang tua murid supaya dapat melihat langsung perkembangan peserta didik.

Aplikasi ini dapat didapatkan melalui google play. Edmodo selain menjadi sarana dalam pemberian tugas dari seorang guru terhadap peserta didiknya tapi juga dapat melakukan survey secara langsung mengenai metode dan model pembelajaran yang digunakan oleh sang guru apakah dinilai efektif atau tidak oleh peserta didik.

4. Quipper

Seperti halnya Edmodo bisa di bilang Quipper dengan Edmodo merupakan aplikasi kuliah online atau belajar online yang eksis berbarengan atau dulu belum pembelajaran benar dijalankan. Walaupun untuk mendapatkanya secara online karena harus mengunduhnya di google play store. Akan tetapi siswa dapat mengakses pelajaran dari guru secara offline.

Kelebihan dari aplikasi ini pengguna quipper dapat mensetting waktu belajar supaya pembelajaran dapat dilakukan lebih teratur. Atau bagi orang yang sering lupa dengan waktu belajar. Aplikasi ini menawarkan pembelajaran online gratis dan menawarkan pembelajaran online secara berbayar.

5. Brainly

Aplikasi Brainly sangat digemari oleh siswa maupun mahasiswa karena sering sekali membantu siswa ketika kesulitan mengerjakan tugas dari guru maupun dosen. Brainly, Dapat diakses melalui website ataupun aplikasi yang dapat diunduh melalui play store.

Cara mendapatkan jawaban dari soal yang diberikan guru mudah sekali. Siswa hanya perlu mengetik ulang soal atau menggunakan fitur photo. Otomatis nanti akan ada jawaban dari teman pengguna Brainly lainya. Tugas dan PR akan segera selesai dengan bantuan Aplikasi Brainly.

Pandemic dan era digitalisasi 4.0 mengharuskan pembelajaran yang awalnya berbasis konvensional bergeser menjadi pembelajaran berbasis digital. sehingga guru untuk perlu meningkatkan kompetensinya di bidang teknologi. Ke 5 aplikasi kuliah online gratis tersebut dapat membantu pengajar dalam melakukan pembelajaran secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *