Cara Mengecilkan MB PDF, dengan Situs Atau Aplikasi Sama Mudahnya

Cara Mengecilkan MB PDF, dengan Situs Atau Aplikasi Sama Mudahnya (androidbaru.info)
Cara Mengecilkan MB PDF, dengan Situs Atau Aplikasi Sama Mudahnya (androidbaru.info)

Cara mengecilkan MB PDF tidak bisa langsung menggunakan aplikasinya. Mengecilkan ukuran MB file PDF harus dengan cara menggunakan bantuan pihak ketiga. Bisa dengan situs maupun aplikasi.

Cara Mengecilkan MB PDF yang Simpel dan Aman

PDF menawarkan segudang kelebihan. Sayangnya justru kelebihan inilah yang sekaligus menjadi kekurangannya.

Pasalnya, size PDF jauh lebih besar dari file lainnya. Inilah mengapa proses pertukaran dokumen terkadang mengalami kendala.

Apalagi kebanyakan server memiliki ketentuan batas maksimal ukuran file PDF. Solusi dari masalah ini dapat Anda simak dalam ulasan berikut.

Situs SodaPDF

Meski langkah-langkah kompres ukuran file cukup panjang, tetapi SodaPDF tetap menawarkan kemudahan. Semua hal yang berhubungan dengan kompres PDF bisa sesuai dengan ukuran Anda diinginkan.

SodaPDF juga membekali dirinya dengan 3 pilihan menu kualitas kompresi yang terdiri dari low quality, good quality, dan high quality. Jika menghendaki hasil kompres PDF ukuran kecil, Anda bisa memilih opsi low quality. Sedangkan good quality untuk kompresi ukuran medium, dan high quality bila menghendaki kompres berukuran paling besar.

Tutorial menggunakan situs untuk memperkecil ukuran MB PDF bisa Anda simak berikut ini.

  • Silakan buka Browser di PC, kemudian kunjungi situs sodapdf.com.
  • Lanjutkan dengan pilih opsi kompres PDF setelah layar situs terbuka.
  • Setelah itu, silakan upload file yang hendak Anda kecilkan ukuran MB-nya. Cukup tap Chooses File.
  • Bila sudah, cara untuk mengecilkan MB PDF berikutnya adalah silakan klik opsi Kualitas file. Pilih sesuai kebutuhan.
  • Nah, langkah terakhir yaitu klik Kompres PDF maka file hasil kompres telah tersimpan otomatis sesuai lokasi penyimpanan awal.

Selain tersedia dalam bentuk situs, SodaPDF juga bisa Anda unduh dalam bentuk aplikasi. Hal ini menguntungkan pengguna karena bisa menggunakan aplikasi meski tak terhubung internet. 

CleverPDFClever

CleverPDF Clever merupakan salah satu situs penyedia jasa layanan kompresi PDF terpercaya. Desain interface-nya sederhana sehingga pemula bisa langsung menggunakannya meski tanpa melihat tutorial sekalipun. 

Daripada SodaPDF, menu kompres yang tersedia di situs CleverPDFClever lebih lengkap. Opsi kompres tersebut antara lain adalah custom, maksimal, medium, rendah, dan minimal. 

Menariknya, situs untuk mengecilkan MB PDF ini juga memiliki fitur unggahan di Google Drive atau DropBox. Cara mengecilkan MB PDF lewat CleverPDFClever adalah silakan akses https://www.cleverpdf.com/id/compress-pdf.

Bila layar situs telah siap, lanjutkan dengan pilih file yang hendak Anda kompres ukurannya, kemudian tunggu hingga semua prosesnya berhasil 100%.

PDF Tools Aplikasi

Selain situs, proses kompres MB PDF juga bisa mengandalkan PDF Tools aplikasi. Aplikasi ini cukup populer karena menawarkan berbagai kemudahan.

Selain itu, aplikasi juga memiliki banyak fitur menarik yang bisa Anda pakai tanpa harus berlangganan terlebih dahulu. Bagi pemula yang penasaran bagaimana cara menjalankan aplikasi PDF Tools, simak tutorial berikut ini.

  • Unduh terlebih dahulu aplikasinya di Google Play Store kemudian buka aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya, pilih opsi Compress PDF, lalu pilih Select File. Di tahap ini, silakan mencari file yang hendak diperkecil ukurannya.
  • Bila sudah, upload file tersebut. Silakan klik Upload file PDF.
  • Nah , lanjutkan dengan tahap kompres, silakan klik Kualitas file, lalu klik Compress.
  • Proses mengecilkan MB PDF tidak bisa instan. Jadi, tunggu beberapa saat hingga proses kompres file selesai.

Cara mengecilkan MB PDF dalam ulasan tadi mudah bukan, sehingga bisa langsung Anda praktekkan. Dengan demikian lebih efisien waktu sehingga semua pekerjaan bisa terselesaikan tepat waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *