5 Cara Mengatasi Google Drive Tidak Bisa Upload File

Cara Mengatasi Google Drive Tidak Bisa Upload

Google Drive adalah layanan penyimpanan awan milik Google yang sangat populer di seluruh dunia. Banyak orang menggunakan Google Drive untuk menyimpan berbagai jenis file. Terkadang, Google Drive juga mengalami kendala dimana pengguna tidak bisa mengunggah file. Dan berikut ini adalah 5 cara mengatasi Google Drive tidak bisa upload file:

1. Paksa Berhenti Aplikasi Google Drive

Jika pengguna mengalami kendala file tidak bisa diunggah di aplikasi Google Drive ponsel, pengguna bisa mencoba menghentikan paksa aplikasi Google Drive. Ini akan menghentikan aplikasi secara paksa serta memulai ulang dan menghapus semua kerusakan yang terjadi. Tenang saja, cara ini tidak akan menghapus data-data yang ada di Google Drive.

Untuk menghentikan paksa aplikasi, pengguna bisa langsung masuk ke pengaturan aplikasi dan pilih Google Drive. Tap opsi force stop untuk menghentikan paksa. Biasanya aplikasi Google Drive merupakan aplikasi bawaan yang tidak dicopot.

Namun, di beberapa ponsel, Google Drive adalah aplikasi yang harus diunduh manual. Pengguna ponsel lama bisa mencoba untuk mengupdate atau menginstall ulang aplikasi untuk mengatasi masalah ini.

2. Bagi File Menjadi Beberapa Bagian

Google Drive didesain untuk memproses file unggahan dengan ukuran maksimal sebesar 5 TB. Meskipun Google bisa menangani hal ini dengan baik, internet mungkin menjadi salah satu hambatan. Terlebih lagi proses mengunggah file ke internet terbilang lebih berat daripada melakukan unduhan. Untuk mengatasi hal ini, pengguna bisa membagi file menjadi beberapa bagian.

Pengguna bisa menggunakan software kompresi seperti WinRAR dan 7Zip untuk mengubah file menjadi beberapa bagian. Pengguna juga bisa mengunggah file satu persatu bukan dalam satu folder penuh. Sebisa mungkin kompress file menjadi ukuran terkecil. Dengan begini, proses read and write yang ada bisa berlangsung dengan lebih cepat dan efisien.

3. Tambah Kapasitas Penyimpanan

Cara mengatasi Google Drive tidak bisa upload file yang selanjutnya adalah dengan menambah kapasitas penyimpanan awan. Akun yang tidak berlangganan G-Suite biasanya akan mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 GB. Ini mungkin terlihat besar, namun bisa habis dengan cepat apabila digunakan untuk mengunggah banyak file.

Pengguna bisa berlangganan G-Suite untuk menambah kapasitas penyimpanan. Harga yang ditawarkan juga bervariasi. Yang termurah dimulai dari $4.20 per bulannya untuk kapasitas penyimpanan maksimal sebesar 30 GB. Sementara itu opsi termahal dibanderol dengan harga $18 per bulannya untuk kapasitas penyimpanan maksimal sebesar 5 TB.

4. Ganti Koneksi Internet

Cara lain yang serupa untuk menghilangkan masalah adalah dengan mencoba mengunggah file pada koneksi internet yang berbeda. Jika pengguna menggunakan data seluler, alihkan ke Wi-Fi dan sebaliknya. Terkadang kualitas koneksi yang buruk dapat menyebabkan masalah dan menggunakan opsi alternatif akan memungkinkan pengguna untuk mengunggah file.

Selain itu, pengguna juga bisa memancing jaringan dengan menggunakan mode pesawat. Semua koneksi terkait jaringan seperti Wi-Fi, jaringan seluler, Bluetooth, dll. berhenti saat mode pesawat diaktifkan. Meski terdengar aneh, mengaktifkan mode pesawat diketahui dapat memperbaiki masalah aplikasi. Menyalakannya sebentar mungkin terbukti bermanfaat bagi pengguna.

5. Gunakan Browser Lain

Browser sendiri mungkin menjadi salah satu penyebab mengapa file tidak bisa diunggah. Pengguna bisa mencoba opsi browser alternatif dan lihat apakah itu berfungsi lebih baik. Jika ya, ini mungkin harus menjadi solusi sementara hingga Google Drive atau browser diperbarui untuk memperbaiki masalah tersebut. Jika tidak ingin berpindah browser, pengguna bisa mencoba untuk menginstall ulang browser yang lama.

Demikian tadi 5 cara mengatasi Google Drive tidak bisa upload file yang bisa dicoba. Melalui cara-cara yang sudah dijelaskan diatas, semoga bisa membantu para pembaca yang mungkin mengalami kendala ketika mengunggah file ke Google Drive.

Pencarian Popular

https://loganime com/1761/5-cara-mengatasi-google-drive-tidak-bisa-upload-file html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *