Cara agar Penyimpanan Tidak Penuh pada Smartphone, Cek di Sini!

Cara agar Penyimpanan Tidak Penuh pada Smartphone, Cek di Sini! (pixabay.com)
Cara agar Penyimpanan Tidak Penuh pada Smartphone, Cek di Sini! (pixabay.com)

Cara agar penyimpanan tidak penuh bisa pemilik lakukan pada smartphone. Terdapat berbagai cara terbaik agar penyimpanan HP tidak penuh. Apabila penyimpanan HP penuh tentu bisa membuat kinerja smartphone melambat. 

Kinerja smartphone yang melambat pasti bisa membuat pemilik kesal. Maka dari itu, bisa melakukan berbagai langkah supaya ruang penyimpanan smartphone menjadi lega lagi.

Inilah Cara agar Penyimpanan Tidak Penuh yang Bisa Dilakukan

Ruang penyimpanan menjadi salah satu hal penting dalam smartphone. Hal ini karena para pemilik bisa menyimpan berbagai file seperti dokumen, foto, video, aplikasi, sampai lagu. Namun terkadang penyimpanan smartphone bisa penuh walaupun cara menginstal aplikasi atau menyimpan foto dan video. 

Tentu hal tersebut bisa membuat para pengguna tidak bisa menyimpan data lagi. Selain itu, kinerja smartphone juga bisa menjadi lemot. Namun, tidak perlu khawatir karena terdapat berbagai cara yang bisa Anda lakukan supaya penyimpanan tidak penuh seperti berikut ini:

Hapus Aplikasi yang Tidak Anda Gunakan

Terkadang pemilik HP tidak menyadari bahwa ukuran aplikasi yang besar menjadi salah satu penyebab penyimpanan HP penuh. Maka dari itu, cara agar penyimpanan tidak penuh yaitu dengan hapus aplikasi yang tidak Anda gunakan. Sebaiknya hapus aplikasi yang tidak penting untuk membuat ruang penyimpanan lega. 

Anda harus pintar-pintar memilih aplikasi yang memang benar-benar digunakan atau tidak. Maka dari itu, sebelum menginstal sebuah aplikasi pertimbangan terlebih dahulu ukurannya. Hari ini bisa menjadi salah satu cara untuk membuat ruang penyimpanan lega.

Rutin dalam Membersihkan Cache

Data cache menjadi salah satu hal yang bisa membuat penyimpanan smartphone penuh. Walaupun ukuran sampah pada HP ini kecil, tetapi lama-kelamaan bisa menumpuk dan menjadi besar. Apalagi jika terdapat banyak aplikasi terinstal pada HP. Maka dari itu, Anda harus rutin membersihkannya supaya penyimpanan tidak penuh. 

Langkah pembersihan cache sangatlah mudah, masuk pada pengaturan terlebih dahulu lalu cari menu aplikasi. Kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda hapus data cachenya. Setelah itu, klik hapus cache pada menu info. Para pemilik HP harus rutin membersihkan cache karena setelah Anda hapus akan kembali muncul lagi.

Hapus Foto dan Video yang Tidak Penting

Saat ini sudah banyak orang yang memiliki HP dengan kamera beresolusi besar. Kamera beresolusi besar tersebut sering membuat para pemilik melakukan foto tanpa memikirkan ruang penyimpanan. Padahal semakin besar resolusi kamera maka gambar dan filenya juga semakin besar. Apalagi jika dalam mengambil foto menggunakan efek. 

Tidak hanya foto, video juga menjadi salah satu hal yang bisa menyebabkan memori penyimpanan penuh. Sebaiknya jangan terlalu sering menyimpan video walaupun menarik. Maka dari itu, Anda bisa melakukan cek galeri untuk memilih foto dan video yang tidak penting. Hapus foto dan video tersebut sebagai cara agar penyimpanan tidak penuh pada smartphone.

Backup File ke Google Drive 

Untuk menghindari penyimpanan smartphone penuh Anda juga bisa melakukan backup file ke Google Drive. Google Drive bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan berbagai file seperti foto, video, dan dokumen. Hal ini menjadi pilihan terbaik untuk membuat penyimpanan pada smartphone tidak penuh. Namun, saat memindahkan file ke Google Drive Anda harus menggunakan kuota internet.

Itulah tadi ulasan tentang berbagai cara agar penyimpanan tidak penuh. Berbagai cara tersebut bisa Anda lakukan supaya ruang penyimpanan pada smartphone menjadi lega sehingga kinerjanya juga akan meningkat.

Keyword:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *