Gadget  

Review Spek Chipset dan Kamera Redmi Note 12 Series

Redmi note 12 series

Review Spek Chipset dan Kamera Redmi Note 12 Series

Akhir tahun 2022 lalu, Redmi Note 12 Series berhasil mencuri perhatian para pengamat gadget dengan jajaran variannya yang ciamik. Dalam tiap-tiap iterasi anyarnya, Xiaomi tak pernah lelah menghadirkan peningkatan dari berbagai sektor.

Kendati Redmi Note 12 merupakan varian vanilla, namun smartphone terbaru dari Redmi ini sudah dilengkapi dengan jaringan seluler 5G. Berbeda dengan Redmi Note 11 biasa yang masih stuck di 4G.

Beberapa varian dari Note 12 Series tersebut antara lain Redmi Note 12 5G, Redmi Note 12 Pro, Redmi Note 12 Pro+, dan juga Redmi Note 12 Explorer. Masing-masing berada di segmen harga yang berbeda dan fokus untuk memenuhi kebutuhan khusus dan berbeda pula.

Perbedaan Spek Chipset dan Kamera Redmi Note 12 Series

Masing-masing varian dari Redmi Note Seri 12 ini memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini dua aspek terpenting yang membedakan keempat seri Note terbaru tersebut.

Chipset

Keempat seri Redmi Note 12 memiliki karakteristik performa yang cukup bertenaga di level pasarnya masing-masing. Untuk Redmi Note 12 5G, ponsel ini mengusung dapur pacu chipset kelas menengah besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 4 Gen 1. SoC ini merupakan satu dari sedikit chipset Snapdragon seri 4 (termasuk seri 400) yang mendukung jaringan 5G.

Redmi Note 12 5G adalah satu-satunya seri Redmi Note terbaru yang menggunakan chipset Qualcomm. Tiga varian lain dari Redmi Note seperti 12 Pro, Pro+, dan Explorer menggunakan chipset Dimensity 1080 fabrikasi 6nm. Mediatek Dimensity 1080 sendiri merupakan chipset yang setara dengan Snapdragon 855 yang merupakan otak dari jajaran ponsel flagship tahun 2019 silam.

Dengan kapasitas Snapdragon 4 Gen 1, Redmi Note 12 5G berhasil mendapat skor AnTuTu sebesar 380 ribuan. Sedikit tertinggal dari tiga varian lainnya yang berhasil mendapatkan skor 500 ribuan dengan ditenagai oleh Dimensity 1080.

Resolusi Kamera

Kini kamera merupakan aspek terpenting dari smartphone. Redmi menyadari hal ini, sehingga varian ponsel terbarunya memberikan fitur kamera sesuai dari kebutuhan penggunanya. Redmi Note 12 5G menawarkan setup kamera paling sederhana yaitu kamera utama 48 MP ditambah 2 MP depth sensor yang mampu menghasilkan efek bokeh ketika mode portrait.

Beralih ke level di atasnya, Redmi Note 12 Pro. Ponsel ini disematkan setup kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX 766 wide angle lengkap dengan OIS. Kamera utama ini disandingkan dengan 8 MP ultrawide dengan sudut pengambilan gambar 119 derajat.

Ditambah satu kamera 2 MP lensa makro yang mendukung penggunanya untuk bereksperimen dengan fotografi untuk objek jarak super dekat. Sedangkan untuk kamera depan masih mempertahankan setup kamera sebelumnya yaitu 16 MP.

Lanjut ke kasta teratas dari Redmi Note 12 Series yaitu Redmi Note 12 Pro+ dan Redmi Note Explorer. Keduanya memiliki setup kamera yang sama. Layaknya seperti smartphone yang mengisi level teratas dari tiap lini serinya, kedua Redmi Note ini ditanamkan kamera utama dengan resolusi super tinggi yakni 200 MP.

Alih-alih menggunakan sensor dari Sony, Redmi justru membenamkan sensor dari Samsung, Isocell HPX 200 MP. Sensor terbaru pabrikan Samsung yang baru pertama kali debut di lini Redmi Note 12 Series. 

Untuk beberapa poin lainnya varian Redmi Note 12 Series hampir memiliki kesamaan. Mulai dari spek layar, konektivitas, fitur keamanan, hingga baterai. Kecuali Redmi Note 12 5G yang memang merupakan seri termurah dari seri 12 tersebut. 

keyword:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *