Jangan Ragu, Ini Keuntungan Investasi Saham Bagi Investor

Jangan Ragu, Ini Keuntungan Investasi Saham Bagi Investor

Jangan ragu, ini keuntungan investasi saham bagi investor. Di era seperti sekarang, investasi merupakan hal yang sangat penting. Dengan berinvestasi, seseorang punya jaminan finansial yang dapat digunakan dalam keadaan tertentu. Investasi juga merupakan warisan yang tepat untuk anak cucu.

Jenis investasi pun bermacam-macam. Mulai dari investasi bergerak seperti kendaraan, investasi properti, juga saham. Memilih investasi saham adalah pertimbangan yang tepat, mengingat banyaknya keuntungan dari investasi ini. Apa saja keuntungan berinvestasi saham? Berikut ulasannya!

Keuntungan Dividen

Keuntungan investasi saham yang pertama yaitu keuntungan dividen. Keuntungan dividen artinya keuntungan yang akan diperoleh investor dari perusahaan. Keuntungan tersebut akan dibagi sesuai dengan presentase saham yang dimiliki investor.

Jenis pembagiannya ada dua, yaitu uang tunai dan kepemilikan saham. Jika diambil dalam bentuk uang, artinya investor akan menerima uang tunai. Sedangkan kepemilikan saham berarti jumlah kepemilikan saham investor akan bertambah.

Keuntungan Capital Gain

Dalam keuntungan investasi saham, pemegang saham juga akan mengenal capital gain. Ini merupakan salah satu keuntungan investor apabila investor menjual sahamnya. Syaratnya, harga jual tersebut harus lebih tinggi daripada harga beli saham.

Selisih harga itulah yang nantinya akan jadi keuntungan investor. Untuk mendapat capital gain, investor memang harus melakukan transaksi jual beli saham di bursa efek.

Bisa Modal Kecil

Investasi selain saham pada umumnya harus mengeluarkan modal yang besar. Salah satu keuntungan investasi saham adalah bisa menggunakan modal kecil saja. Saat ini, investor bahkan bisa memulai berinvestasi hanya dengan modal seratus ribu rupiah saja. Modal itu sudah bisa digunakan untuk membeli selembar saham.

Sebelum memulai, tentu investor harus paham betul bahwa investasi ini juga ada risikonya. Namun, tidak dipungkiri modal seratus ribu ini di kemudian hari bisa jadi berkali-kali lipat keuntungannya.

Investasi yang Fleksibel

Jika dibandingkan dengan investasi properti, misalnya seseorang ingin membuat kost-kostan. Tentu tenaga, pikiran, dan prosesnya akan sangat menyita waktu. Investor dituntut untuk meluangkan waktu dan tenaga khusus untuk memantau investasi ini. Keuntungan investasi saham yang lain yakni sifatnya yang fleksibel.

Investor bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. Terlebih, saat ini kecanggihan teknologi akan sangat membantu. Investor bisa memantau naik turun harga saham sambil mengerjakan pekerjaan yang lain.

Bisa Ikut RUPS

Jangan merasa dengan berinvestasi saham seorang investor akan buta terhadap perkembangan saham mereka. Salah satu keuntungan investasi saham yakni bisa mengikuti RUPS yang diselenggarakan broker atau perusahaan.

Rapat tersebut biasanya akan membahas soal bagaimana target dan keadaan perusahaan, laporan tahunan, juga sistem pembagian dividen. Untuk bisa ikut RUPS, biasanya ada syarat tertentu seperti minimal presentase saham, dan sebagainya.

Pajaknya Kecil

Satu lagi keuntungan investasi saham yang akan membuat investor semakin mantap memilih investasi ini. Yakni, terkait pajak. Instrumen investasi lain mungkin akan dikenai pajak yang cukup besar. Beda dengan saham, yang hanya dikenai pajak 0,1 persen saja dari jumlah keuntungan.

Enaknya lagi, pajak tersebut sifatnya final sehingga investor tidak perlu repot-repot melaporkannya dalam SPT. Sistem kerjanya, perusahaan atau broker tempat investor menanam saham akan langsung memotong pajak tersebut dari keuntungan yang didapat.

Itu dia beberapa keuntungan investasi saham yang perlu diketahui dari berbagai aspek. Cukup banyak juga, ya. Investasi saham memang terlihat menggiurkan dan banyak dijadikan alternatif pilihan bagi investor yang tidak mau ribet dalam berinvestasi. Bagaimana, tertarik mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *