Aplikasi Layanan Kesehatan, Konsultasi Terkait Medis Via Online

Aplikasi Layanan Kesehatan Online (albayan.ae)
Aplikasi Layanan Kesehatan Online (albayan.ae)

Aplikasi layanan kesehatan kini mulai bermunculan dan dapat Anda jadikan sebagai pilihan untuk berkonsultasi saat Anda merasakan gejala sakit. Aplikasi konsultasi kesehatan saat ini memang mulai menjamur. Bahkan tren ini sudah dimulai sebelum adanya pandemi Covid-19 yang menyerang beberapa tahun lalu. 

Walaupun tidak memberi diagnosa secara tatap muka, akan tetapi telemedicine dapat mempertemukan antara pasien dengan dokter atau tenaga medis. Selanjutnya, diagnosa akan dilakukan dengan cara konsultasi melalui apa yang dirasakan oleh pasien.

Rekomendasi Aplikasi Layanan Kesehatan

Perkembangan teknologi sudah merambah sampai sektor kesehatan dewasa ini. Salah satunya adalah dengan hadirnya layanan telemedicine. Definisi telemedicine adalah layanan kesehatan yang berbasis teknologi, sehingga memungkinkan penggunanya bisa melakukan konsultasi jarak jauh dengan tenaga medis maupun profesional pada bidang kesehatan tanpa perlu bertatap muka.

Hadirnya layanan telemedicine mempermudah masyarakat di di dalam mengakses layanan kesehatan tanpa harus mendatangi faskes terdekat. Lantas, telemedicine jadi revolusi untuk dunia medis.

Aplikasi kesehatan bisa membantu Anda yang sibuk dengan aktivitas keseharian untuk tetap memperhatikan kesehatan tubuh. Termasuk olahraga lebih rutin, makan lebih teratur, serta tidur yang cukup. 

Berikut beberapa aplikasi kesehatan terbaik yang bisa Anda jadikan referensi.

SehatQ

Aplikasi layanan kesehatan yang pertama adalah SehatQ yang memungkinkan Anda mengetahui rincian dokter sebelum menjalani konsultasi. Anda juga bisa melihat fasilitas kesehatan dan berbagai macam obat-obatan yang tersedia. Pelayanan kesehatan yang ditawarkan oleh aplikasi ini pun sangat beragam.

Ada klinik kecantikan, laboratorium, klinik gigi, klinik kesehatan yang lain bahkan rumah sakit ternama. Lebih dari aplikasi kesehatan terbaik satu ini juga menyediakan paket sunat, paket vitamin, dan promosi kesehatan.

Get Well

Aplikasi yang diciptakan oleh BayWest Wellness Inc inib adalah platform telemedicine yang bisa digunakan untuk berkonsultasi dengan dokter sehubungan dengan keluhan medis pasien. Platform Get Well mengkoneksikan antara pengguna dengan dokter profesional untuk melakukan konsultasi, baik lewat audio, video, maupun teks melalui telepon pintar. 

Aplikasi Get Well bisa Anda download di Google Play Store dan iOS serta jadi salah satu diantara 11 aplikasi yang bekerjasama dengan pemerintah untuk memberi layanan kesehatan jarak jauh.

KlikDokter

Lewat aplikasi layanan kesehatan satu ini Anda dapat berkonsultasi 24 jam via online terkait permasalahan medis dengan dokter. Bukan hanya itu, Anda juga bisa membaca beragam artikel seputar kesehatan yang ditulis oleh dokter berpengalaman di bidangnya. 

Aplikasi KlikDokter memiliki kalender kesuburan, kalender kehamilan, direktori obat, serta direktori penyakit. Kalender kesuburan berfungsi untuk mendampingi pasangan suami-istri yang tengah menjalani program kehamilan. Sedangkan kalender kehamilan, Anda dapat memperoleh informasi interaktif terkait perkembangan janin.

Halodoc

Halodoc merupakan platform layanan medis digital lewat aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi secara langsung dengan lebih dari 20.000 dokter berlisensi di Tanah Air. Dapat dikatakan, Halodoc merupakan aplikasi kesehatan terlengkap untuk memenuhi seluruh kebutuhan medis Anda.

Anda dapat melakukan konsultasi langsung 24 jam dengan para dokter via online. Bisa melalui video call, voice call, maupun chat. Anda pun bisa membeli obat secara online sampai melakukan pemeriksaan atau cek laboratorium. Selain itu, Anda juga membaca kumpulan artikel seputar kesehatan terkini dari dunia medis. 

Grab Health powered by Good Doctor

Good Doctor melakukan kerjasama dengan Grab Indonesia untuk menghadirkan aplikasi layanan kesehatan yang lengkap dengan layanan tanya jawab, konsultasi, beli obat maupun produk kesehatan dari apotek resmi, membuat janji kunjungan klinik atau rumah sakit pilihan, dan membuat janji medis.

Aplikasi Good Doctor ini juga sudah menjalin kerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di dalam usaha pencegahan Covid-19 yang menyerang beberapa waktu silam.

Alodokter

Anda bisa berkonsultasi dengan lebih dari 500 profesional dan berpengalaman lewat aplikasi Alodokter. Layanan yang tersedia di dalamnya mulai dari chat bersama dokter sampai booking dokter atau rumah sakit secara online. Anda juga dapat membaca artikel informatif yang akurat serta terverifikasi oleh dokter.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis maupun spesialis dimana saja dan kapan saja. Tidak perlu lama menunggu, respon dari dokter di Alodokter akurat dan cepat.

Demikian rekomendasi aplikasi layanan kesehatan terbaik yang bisa Anda gunakan. Seluruh aplikasi di atas memiliki fungsi dan kelebihan tersendiri. Silahkan Anda pilih yang menurut Anda paling mudah dioperasikan sesuai kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *