4 Cara Praktis Ganti Background Zoom di HP

4 Cara Praktis Ganti Background Zoom di HP (Sumber: Yandex)
4 Cara Praktis Ganti Background Zoom di HP (Sumber: Yandex)

Zoom, sebagai aplikasi meeting yang terkenal, menjadi penting dalam era komunikasi modern yang semakin maju. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk berpartisipasi dalam rapat atau bahkan untuk melakukan video call dengan teman dan keluarga.

Untuk mereka yang menggunakan Zoom di HP, ada kabar baik: sejak versi 5.3, aplikasi ini sudah mendukung fitur penambahan background. Pembaruan terbaru ini tidak hanya memperkenalkan virtual background dalam bentuk video tetapi juga fitur-fitur menarik lainnya.

Ingin tahu bagaimana cara menggunakan background Zoom di HP? Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti!

Buka Aplikasi Zoom Meetings dan Buat Panggilan

Langkah awal untuk mengubah latar belakang dalam Zoom menggunakan ponsel adalah dengan membuka aplikasi Zoom itu sendiri. Biasanya, ikonnya menyerupai kamera video berwarna putih dengan background biru muda, yang dapat ditemukan di layar Home atau dalam daftar menu aplikasi di smartphone.

Selanjutnya, setelah memulai panggilan Zoom, kamu akan menemui pilihan untuk mengganti background di dalam aplikasi tersebut.

Tekan Menu More

Setelah masuk ke ruangan rapat, Pins dapat langsung mempraktikkan langkah selanjutnya untuk mengatur background Zoom di ponsel. Caranya adalah dengan menekan tombol ‘More’, yang diwakili oleh ikon tiga titik ••• di sudut kanan bawah layar. Selanjutnya, dari berbagai opsi yang muncul, Pins harus memilih opsi ‘Virtual Background’.

Pilih Virtual Background Sesuai Selera

Selanjutnya, Pins memiliki opsi untuk memilih latar belakang virtual yang telah disiapkan oleh Zoom. Apabila tidak ada yang cocok, kamu dapat mengunggah latar belakang pribadi dari ponselmu.

Spesifikasi Gambar untuk Zoom Virtual Background

Meskipun beragam gambar dapat diupload sebagai latar virtual pada Zoom, ada spesifikasi tertentu yang perlu dipatuhi. Memperhatikan spesifikasi ini sangatlah penting untuk memastikan penggunaan latar virtual yang tampak harmonis dan sesuai dengan tampilan layar.

  • Pilih gambar yang sesuai dengan rasio aspek kamera smartphone sebelum mengunggahnya.
  • Untuk kamera dengan rasio 16:9, disarankan menggunakan gambar berukuran 1280×720 piksel atau 1920×1080 piksel agar hasilnya optimal.
  • Gunakan format gambar PNG 24-bit atau JPG/JPEG.
  • Jika ragu tentang rasio aspek kamera, gunakan gambar latar virtual dengan resolusi minimal 1280×720 piksel.
  • Ambil gambar yang bebas hak cipta dari Pexels, Unsplash, atau Pixabay.

Spesifikasi Video untuk Zoom Virtual Background

tau mengunggah video sebagai latar virtual di Zoom. Metode mengganti latar Zoom di HP dengan video relatif serupa, namun ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, seperti:

  • Format video yang diterima adalah MP4 atau MOV.
  • Resolusi video minimal harus 480×360 piksel (360p).
  • Resolusi maksimum yang didukung adalah 1920×1080 piksel (1080p).

Hapus Virtual Background Bila Sudah Tak Terpakai

Bila Anda sudah tidak memerlukan latar belakang virtual, Anda dapat memilih opsi ‘None’ di menu latar belakang virtual. Oleh karena itu, sesuaikan pilihan latar belakang sesuai dengan keinginan dan selera Anda.

Cara Mengatasi Masalah saat Ganti Background di HP

Jika kamu menghadapi kesulitan saat menggunakan fitur background virtual di Zoom melalui HP, jangan khawatir. Ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi masalah ini:

  1. Coba keluar dan masuk kembali ke aplikasi Zoom, lalu cek ulang pengaturan, terutama jika kamu tidak menemukan opsi Background Virtual.
  2. Atur secara manual warna latar belakang agar sesuai. Fitur ini bisa diakses setelah kamu mengklik gambar.
  3. Gunakan fitur pemilihan warna dan background virtual untuk memilih warna yang disarankan Zoom. Hal ini penting untuk mencegah bagian wajah tertutupi akibat kesamaan warna kulit dan background.
  4. Gunakan background virtual yang memiliki warna solid, bebas bayangan, dan pencahayaannya merata.
  5. Pastikan warna green screen yang digunakan tidak identik dengan warna pakaian, rambut, atau mata kamu.

Keunggulan Memakai Aplikasi Zoom Meetings di HP

Bukan lagi menjadi misteri bahwa aplikasi Zoom Meetings memiliki berbagai kelebihan yang menonjol dibandingkan dengan pesaingnya, termasuk kemudahan dalam mengubah latar belakang pada handphone. Berikut ini adalah beberapa keunggulan lainnya:

  • Tersedia di berbagai platform seperti Android, iOS, dan Windows, memudahkan penggunanya untuk terkoneksi dengan orang lain.
  • Menyediakan video dengan kualitas HD yang sangat jelas dan tajam.
  • Dilengkapi dengan fitur yang disebut Safe Mode, yang menjamin keamanan dalam berbagai situasi, terutama saat mengemudi.
  • Menyediakan layanan Cloud yang memungkinkan pengguna menyimpan rekaman meeting secara otomatis ke cloud masing-masing.
  • Mempermudah pertukaran data, termasuk foto dan video, tanpa harus meninggalkan aplikasi Zoom.
  • Memungkinkan undangan kepada teman atau kolega untuk bergabung dalam meeting di Zoom dengan mudah.
  • Menawarkan sistem keamanan yang telah teruji.

Demikianlah beberapa cara untuk mengubah latar belakang Zoom di HP yang dapat kamu coba saat melakukan meeting dengan rekan kerja atau keluarga. Teknik-teknik ini juga dapat digunakan untuk mengganti latar belakang virtual Zoom di laptop atau komputer.

Apabila kamu mengalami kendala dalam mengubah latar belakang, jangan ragu untuk menghubungi Dukungan Zoom langsung guna mendapatkan penjelasan mengenai penyebab dan solusi permasalahannya. Semoga informasi ini membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *