Rekomendasi 5 Aplikasi Kamus Bahasa Arab Terbaik 2022

Rekomendasi 5 Aplikasi Kamus Bahasa Arab Terbaik 2022

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa yang mempunyai banyak penutur di dunia, sehingga tak ada salahnya untuk mempelajarinya. Untuk mempelajari bahasa Arab di dunia yang serba digital ini bukanlah hal yang sulit. Sekarang sudah tidak sulit lagi untuk mencari aplikasi kamus bahasa Arab untuk android yang cocok.

Setiap aplikasi ini memiliki fitur dan kelebihannya masing-masing. Kabar baiknya, aplikasi-aplikasi tersebut dapat didownload dengan gratis di Google Play Store. Setelah merangkum berbagai sumber, berikut ini adalah 5 aplikasi kamus bahasa Arab terbaik untuk android:

1. Kamus Arab Indonesia

Kamus Arab Indonesia bisa dibilang merupakan aplikasi kamus bahasa Arab yang paling populer. Aplikasi besutan Ristek Muslim ini memiliki berbagai fitur canggih yang dapat menerjemahkan berbagai kata ke bahasa Arab dan sebaliknya. Selain itu, aplikasi ini juga bisa diakses secara offline.

Tak hanya itu, aplikasi ini menyimpan database hingga 154.644 kosakata dan 29.803 mufrodat. Hanya dengan mengunduh sekitar 24 MB saja, semua fitur dalam aplikasi ini bisa digunakan sepuasnya.

2. Belajar Bahasa Arab + Suara

Aplikasi ini bisa dibilang sangat ramah anak-anak. Dengan animasi gambar dan suara yang sangat menarik, aplikasi ini akan membuat anak-anak semakin antusias untuk belajar. Tampilan antarmuka yang disajikan juga sangat interaktif sehingga intuisi anak juga akan meningkat.

Aplikasi ini memiliki fitur kamus kosakata dasar berupa benda-benda sekitar, sehingga akan lebih mudah dicerna oleh anak-anak. Dengan lebih dari 1 juta pengunduh, aplikasi ini dapat menjadi pilihan utama untuk belajar bahasa Arab.

3. Google Translate

Meskipun terdengar terlalu awam, tapi rasanya kurang cocok jika tidak memasukkan Google Translate ke dalam list ini. Bagaimanapun, Google Translate masih menjadi primadona sebagai aplikasi penerjemahan kata dengan sekitar 108 bahasa yang tersedia. Google Translate juga memberikan contoh kalimat dengan kata yang diterjemahkan.

Selain itu, penerjemahan juga bisa menggunakan gambar atau perekam suara sehingga tidak perlu repot-repot mengetik. Ada yang mengeluhkan hasil terjemahan Google translate kadang kurang rapi atau organik. Namun tak perlu khawatir, karena Google Translate selalu mengupdate versi terbaru agar hasil terjemahannya terlihat lebih organik.

4. Almaany Kamus Arab Indonesia

Aplikasi Almaany Kamus Arab Indonesia memang kurang begitu populer dibanding aplikasi-aplikasi di atas. Namun, aplikasi ini cukup underrated dan cocok untuk dimasukkan ke dalam jajaran aplikasi kamus bahasa Arab terbaik. Dirilis pada tahun 2016 lalu, aplikasi ini sudah didownload kurang lebih 500 ribu pengguna dengan rating 4,7.

Aplikasi ini mampu menerjemahkan kata ke bahasa Indonesia dan begitu pula sebaliknya. Selain itu, Aplikasi Almaany Kamus Arab Indonesia juga bisa diakses secara offline. Ukurannya pun juga hanya sebesar 19 MB, sehingga tidak perlu khawatir untuk kehabisan ruang penyimpanan.

5. Kamus Bahasa Arab Offline

Aplikasi terakhir pada list ini adalah Kamus Bahasa Arab Offline. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa menerjemahkan kata secara offline hingga 85 ribu kosakata. Namun, aplikasi ini membutuhkan jaringan internet untuk menerjemahkan suatu kalimat.

Fitur unggulan pada aplikasi ini adalah fitur text-to-speech dalam pelafalan bahasa Arab. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa menerjemahkan teks yang panjang tanpa harus mengetik. Aplikasi besutan Bali Media ini sudah diunduh 500 ribu kali dengan rating 4,3.

Demikianlah pembahasan seputar aplikasi kamus bahasa Arab terbaik untuk android. Namun perlu diingat, setiap aplikasi memiliki fitur dan keunggulannya masing-masing. Agar tidak salah pilih, ada baiknya untuk membaca deskripsi aplikasinya terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *