5 Aplikasi Stop Motion Gratis Untuk Android

5 Aplikasi Stop Motion Gratis Untuk Android

Video stop motion semakin populer beberapa tahun terakhir baik di kalangan pemula atau profesional. Hal ini dikarenakan video ini unik dan menarik untuk ditonton. Seiring dengan popularitasnya, maka banyak developer yang menyediakan aplikasi untuk memudahkan membuat video stop motion. Berikut rekomendasi aplikasi stop motion gratis yang bisa didownload untuk android:

1. PicPac

Aplikasi PicPac merupakan aplikasi untuk membuat stop motion dan time lapse dalam satu aplikasi. Dengan Picpac dapat mengedit video dan menambahkan musik, suara, atau rekaman suara ke dalam video dan kemudian menyimpannya dengan kualitas 360p. Berbagai musik lokal maupun internasional dapat ditemukan di aplikasi ini melalui kolom pencarian.

Kekurangan dari aplikasi ini, sebagai pengguna gratis, pengguna hanya dapat menyimpan video dengan kualitas 360p saja. Untuk video dengan kualitas lebih tinggi harus mendaftar menjadi pro. Selain itu tidak dapat menghilangkan watermark aplikasi di bawah video dan tidak dapat menghilangkan logo aplikasi di akhir video.

2. Lapse It

Lapse it merupakan aplikasi yang memudahkan untuk membuat video stop motion dengan kelebihan dapat menyimpan video dengan kualitas tinggi 1080p. Untuk membuat video semakin menarik, berbagai efek dan filter disediakan. Selain itu juga dapat mengatur exposure, white balance, dan juga fokus video hasil editan.

Aplikasi Lapse it juga mengizinkan untuk mengkonversi hasil editan video stop motion menjadi format FLV, H264, MOV, juga Mp4. Setelah itu dapat langsung membagikan langsung hasil video ke media sosial  instagram, youtube, dan sejenisnya. Kekurangan dari aplikasi ini adalah beberapa fitur tidak bisa digunakan pada mode gratis.

3. Stop Motion Studio

Stop Motion Studio merupakan aplikasi stop motion yang menarik karena memberikan template text, judul,  credit, background, dan foreground yang unik untuk dimanfaatkan penggunanya. Ditambah dengan berbagai pilihan filter video untuk membuat hasil editan video semakin menarik.

Beberapa fitur unggulan dari Stop Motion Studio antara lain fitur Rotoscoping yaitu dapat menggambar atau membuat doodle di atas video dan klip yang telah diimpor ke aplikasi. Selain itu terdapat juga fitur green screen untuk yang ingin mengganti background video. Fitur selanjutnya yaitu dapat memilih menyimpan hasil editan dengan format GIF.

4. Stop Motion Video Maker

Inilah aplikasi yang pas untuk pemula. Pengoperasian aplikasi ini mudah dan dilengkapi dengan tutorial dan lesson agar pemula dapat membuat video stop motion. Dengan berbagai filter video yang disediakan, seorang pemula dapat membuat video yang menarik untuk langsung dibagikan ke sosial media atau disimpan langsung ke dropbox dan google drive.

Hal menarik dalam aplikasi Stop Motion Video Maker ini adalah terdapat challenge yang diikuti oleh editor dari seluruh dunia, pastinya dengan hadiah menarik untuk setiap pemenang challenge. Beberapa fitur dan lagu-lagu yang eksklusif tidak tersedia untuk mode gratis, tapi terdapat pilihan memanfaatkan free trial untuk mode pro selama 7 hari.

5. GIF Mob

GIF Mob merupakan aplikasi yang sederhana dan mudah dipahami untuk berbagai usia. Aplikasi ini dapat menyimpan hasil video dengan format MP4 maupun GIF. Jika ada suatu hal yang membuat aplikasi tiba-tiba terhenti dan kebetulan belum menyimpan pekerjaan, maka jangan khawatir karena GIFMob memiliki fitur automatically saved atau otomatis tersimpan jadi hasil pekerjaan yang telah dikerjakan tidak akan hilang.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak bisa menambah musik atau sound effect ke dalam video. Selain itu juga tidak bisa menambahkan foto tidak lebih dari 50 foto, jadi pastikan foto yang diimpor ke dalam aplikasi GIF Mob tidak terlalu banyak atau kurang dari 50 foto.

Demikian rekomendasi 5 aplikasi stop motion yang gratis yang tersedia untuk diinstal di perangkat android. Karena gratis, tidak semua fitur dapat dinikmati tapi sudah cukup untuk membuat dan mengedit video stop motion dengan menarik oleh pemula sekalipun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *