Apa Itu Bisnis VTuber Yang Sedang Viral, Simak Ulasannya

Apa Itu Bisnis VTuber Yang Sedang Viral, Simak Ulasannya

Teruntuk orang awam yang masih minim pengetahuan akan dunia bisnis, tentu mereka akan berpikir bahwa bisnis ini haruslah sesuatu memiliki perusahaan atau produk sendiri. Akan tetapi, bagi calon pengusaha yang tidak memiliki modal apapun masih bisa untuk mencoba berbisnis. Pengusaha tersebut dapat mencoba bisnis VTube yang sedang viral. Apa itu bisnis VTuber dan bagaimana prosesnya? Simak ulasan berikut:

Apa Itu Bisnis VTuber ?

Seiring perkembangan teknologi, tak akan ada yang mustahil untuk dilakukan termasuk dengan melakukan bisnis dengan memanfaatkan teknologi. Benar, dengan hanya mengandalkan perkembangan teknologi, kita dapat melakukan usaha atau bisnis apapun. Mulai dari menjual jasa, berjualan barang secara online, hingga jual beli penonton.

Lalu, apa itu bisnis VTuber dan bagaimana proses kerjanya? Bisnis VTube ini diawali dari adanya aplikasi VTube yang memiliki konsep hampir sama dengan YouTube ini. Kedua aplikasi ini memiliki kesamaan yang bergerak dibidang tayangan video oleh konten kreator. Dimana nantinya konten kreator tersebut akan memperoleh komisi dari video yang dibuatnya.

Jika pada YouTube, hanya sang konten kreator yang akan mendapatkan komisi sedangkan penontonnya tidak akan mendapatkan komisi. Berbeda halnya dengan VTube ini yang penonton sekalipun juga akan memperoleh komisi dari video dan iklan yang ditontonnya. Komisi ini didapatkan sesuai dengan poin yang diperolehnya saat menonton video beserta iklan tersebut.

Keseluruhan poin yang dikumpulkan ini akan dapat ditukarkan dengan sejumlah uang dengan kurs dollar. Pihak perusahaan dari VTube ini juga mengklaim bahwa untuk 1 poin dari VTube ini dihargai 1 USD. Coba bayangkan ketika 1 USD ini kurs nya senilai Rp15.000. Sungguh sangat menguntungkan bukan?

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Bisnis Vtube

Dalam menjalankan bisnis ini, para pemain haruslah memperhatikan hal berikut ini dalam memainkan VTuber sekaligus menjalankan bisnis VTube ini. Poin ini perlu diperhatikan agar pemain tidak mengalami kerugian atas menjalankan bisnis VTube ini. Adapun hal-hal yang perlu dijadikan perhatian khusus oleh para pebisnis VTube ini antara lain:

1. Kode Referal

Bisnis VTuber ini berjalan saat kode referal ini ditautkan pada pengguna VTuber yang baru. Ketika kode referal tersebut ditautkan, dari kedua belah pihak ini akan mendapatkan bonus poin tersendiri dari pihak VTube. Bonus poin yang diberikan ini cukup besar, mulai dari 20-50 poin. Dan ketika jumlah poin tersebut ditukarkan menjadi nilai kurs rupiah Rp15.000 saja, sudah cukup banyak hasilnya.

Akan tetapi, pada kasus tertentu terdapat bonus poin yang tidak dapat diklaim oleh para pemain. Ada kemungkinan bahwa kode referal yang dimasukkan tersebut salah yang menyebabkan pemain tidak bisa mengklaim bonus poin. Terlebih lagi, pemain hanya dapat memasukkan kode referal sekali saja pada kolom yang tersedia.

2. Penukaran Poin

Agar poin tersebut dapat dimonetisasikan atau diuangkan, maka pemain harus menukarkan poin ini dengan sejumlah uang yang telah ditentukan jumlahnya. Poin yang ditukarkan ini hanya dapat ditukarkan dengan dollar. Dengan begitu, pemain harus menukarkan dollar tersebut dengan rupiah.

Karena pertukaran uang ini hanya dapat dilakukan pada dollar, maka pemain harus menyediakan alat transaksi khusus seperti Paypal agar poin tersebut dapat dimonetisasi. Nantinya, dollar yang ditukarkan tadi dapat dikurskan menjadi rupiah dari rekening Paypal tersebut sesuai dengan kurs rupiah terhadap dollar yang sedang berlaku.

Dengan adanya penjelasan apa itu bisnis VTuber secara lengkap ini, akan membuat para pemain atau calon pebisnis VTube ini memahami prosedur bisnis ini secara baik. Dengan begitu, pemain juga dapat mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam dunia bisnis VTube ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *