Mengenal Teknologi Jaringan VPN Beserta Fungsi Utamanya

Mengenal Teknologi Jaringan VPN Beserta Fungsi Utamanya (pixabay.com)
Mengenal Teknologi Jaringan VPN Beserta Fungsi Utamanya (pixabay.com)

Teknologi jaringan VPN menjadi sebuah jaringan yang mempunyai peran serta juga sebagai solusi dalam melindungi privasi dan keamanan internet. Tak hanya itu saja, VP juga dapat mempermudah pengguna untuk mengakses lebih banyak konten yang ada di internet.

Pengguna juga dapat mengubah lokasi virtual dengan menggunakan VPN. Nah, kalau kamu ingin tahu lebih dalam mengenai jaringan VPN ini, silakan simak detailnya berikut ini.

Mengenal Apa Itu Teknologi Jaringan VPN

Sebenarnya apa itu jaringan VPN? Perlu kamu ketahui, VPN atau singkatan dari Virtual Privat Network ini merupakan metode yang digunakan untuk menambah keamanan serta privasi ke jaringan pribadi maupun publik. Singkatnya, VPN ini menjadi perangkat lunak yang bisa memungkinkan para pengguna untuk tersambung ke layanan internet yang berbasis pribadi.

Teknologi jaringan VPN ini juga dikatakan mampu memberikan akses secara aman dari koneksi server dengan menyembunyikan jejak data pribadi pemakainya. VPN ini dapat mengkoneksikan smartphone, PC, tablet ke komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dengan internet. Dengan menggunakan VPN ini, kamu menjadi bisa mengakses sesuatu yang tidak dapat dibuka di negara sendiri.

Untuk cara kerjanya yaitu dengan menyamarkan alamat IP serta mengenkripsi traffic sehingga kamu bisa online dengan aman. Selain alamat IP, VPN ini juga akan melindungi identitas seperti lokasi hingga histori pencarian dan browsing.

Untuk fungsi utamanya yaitu dibedakan menjadi beberapa bagian. Berikut ini detail penjelasan mengenai ketiga fungsinya tersebut.

Fungsi Utama Jaringan VPN

Seperti yang sudah dijelaskan, VPN ini menjadi salah satu cara yang aman untuk mengakses local Area Network (LAN) yang ada di dalam jangkauan tertentu. Sistem jaringan ini membutuhkan koneksi internet ataupun jaringan lainnya ketika melakukan transmisi data pribadi. Teknologi jaringan VPN ini juga mempunyai fungsi utama, yakni sebagai berikut.

1. Confidentiality (Menjaga Kerahasiaan)

Manfaat yang pertama dari jaringan VPN yaitu berperan untuk menjaga kerahasiaan data serta informasi pribadi supaya tidak dilacak ataupun menghindari pencurian data. VPN ini nantinya akan bekerja dengan cara mengenkripsi semua data yang telah melaluinya. Dengan hal tersebut, tentunya akan mengurangi rasa kekhawatiranmu mengenai data pribadi yang tersedia.

2. Data Integrity (Menjaga Keutuhan Data)

Teknologi jaringan VPN ini juga mempunyai fungsi untuk menyelamatkan bermacam-macam data dari oknum yang berusaha mencuri atau melakukan tindakan yang mementingkan kepentingan pribadinya. Seperti yang kita ketahui, saat melewati jaringan internet sebenarnya data telah berjalan melintasi berbagai negara.

Nah, pada saat itulah kerap terjadi gangguan yang bisa memunculkan masalah seperti manipulasi dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, dengan menggunakan VPN ini, tentunya akan membantu untuk mengamankan data-data hingga sampai di tempat tujuan.

3. Origin Authentication (Autentikasi Sumber)

Teknologi VPN ini juga mempunyai kemampuan dalam melakukan autentikasi terhadap sumber-sumber pengirim data yang nantinya akan diterima. Cara kerjanya nantinya akn melakukan pemeriksaan terhadap berbagai macam data tersebut serta juga mengambil informasi dari sumbernya.

Jika sudah, kemudian alamat sumber data akan disetujui jika proses autentikasinya lolos. Dengan hal tersebut tentunya dapat menjadi data yang dikirim melalui VPN ini akan tersampaikan kepada si penerima dengan selamat dan tidak ada pemalsuan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Demikian informasi mengenai teknologi jaringan VPN beserta serangkaian fungsi utamanya. Nah, sekarang, tentu kamu sudah tahu bahwa penggunaan jaringan VPN ini akan sangat bermanfaat dalam melindungi data-data pribadi. Bisa dibilang, jaringan tersebut selalu menyediakan koneksi aman ke internet publik yang tidak bisa diakses pada negara sendiri. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *