Proyek Teknologi ARPANET dan Sejarah Perkembangannya

Proyek Teknologi ARPANET dan Sejarah Perkembangannya (freepik.com)
Proyek Teknologi ARPANET dan Sejarah Perkembangannya (freepik.com)

Proyek teknologi ARPANET menjadi sebuah cikal bakal dari jaringan internet. Menikmati internet pada masa sekarang tidak terlepas dari kemajuan perkembangan yang sudah ada sejak beberapa puluh tahun ini.

Apakah Anda sudah mengetahui mengenai perkembangan dari terbentuknya internet yang bisa diakses dalam jaringan yang digunakan pada zaman sekarang? Kemunculannya beriringan dengan semakin dibutuhkannya jaringan yang lebih mutakhir tentu saja.

Maka untuk mengetahuinya lebih jauh mari kita bahas secara mendalam. Sehingga kita bisa melihat bagaimana perjalanan panjang terciptanya jaringan ini sampai saat ini.

Proyek Teknologi ARPANET dan Perkembangannya

Advanced Research Project Agency Network disingkat menjadi ARPANET. Istilah ini merupakan sebuah jaringan sambungan dengan jangkauan yang lebih luas. Penggunaannya tersebut menggunakan kontrol distribusi dan menjadi yang pertama kali dalam penggunaan protokol TCP/IP.

Pengembangan teknologi ini menggunakan analisis paket jaringan dan menggunakan teknologi matematika. Sehingga pada akhirnya Network Control Program mulai digunakan dan mengalami peningkatan yang cukup pesat. Mulai dari log jarak jauh, surel, dan perpindahan berkas yang berkala.

Akses inilah yang menggunakan jaringan dan perbaikan secara berkala. Efektifitas ketika menggunakan program ini jelas memudahkan Anda secara menyeluruh. Untuk itulah jaringan ini akhirnya terkenal sebagai internet yang kita gunakan saat ini untuk berbagai kebutuhan dan akses.

Sejarah Perkembangan Proyek Teknologi ARPANET

Bisa sampai saat ini dengan kecepatan dan jaringan yang mumpuni proyek ini melalui perjalanan yang tidak singkat. Nah apabila Anda tertarik untuk mengetahuinya silahkan simak secara lengkap berikut ini. Sehingga nantinya kita bisa lebih bersyukur dari adanya jaringan yang digunakan sekarang.

Tahun 1960

Setelah beberapa kali mengalami perkembangan dalam komunikasi komputer pada tahun 1960 an terjadi sistem SAGE atau Semi Automatic Ground Environment. Saat itulah komputer mengalami pelacakan pesawat yang menggunakan komputer. Mereka berhasil menggunakan perkembangan jaringan tersebut meski melalui waktu beberapa tahun hingga akhirnya berhasil.

Masuk ke ARPA

Lalu pada tahun 1962 sampai sekitar 1969 hadirlah ARPA yang membantu dalam menggabungkan beberapa bahasa protokol. Ini memberikan efek terhadap komunikasi terminal dengan packet switching. Menggabungkan dan melakukan perkembangan yang membangun jaringan dengan kontak secara khusus.

Kontrol yang mereka gunakan tersebut memenuhi dengan baik sebagai sebuah solusi dari terdeteksinya ancaman nuklir. Nah, kemungkinan dalam pengambilan keputusan melalui hal seperti ini jelas membantu sekali dalam pengoperasiannya.

Jaringan Global

Lanjut pada era yang lebih berkembang secara pesat untuk menunjukan kualitasnya tersebut. Mereka akhirnya memperkenalkan bentuk surel untuk berkomunikasi secara global. Pada awalnya mereka menyebutnya dengan INWG atau The Internet Working Group yang memberikan akses pembentukan protokol.

Terwujudlah Proyek Teknologi ARPANET ini dengan sistem komersial yang secara global. Menggunakan internet service provider yang akhirnya menggunakan Telenet. Lalu berlanjutkah berkembang dalam berbagai jenis jaringan yang mulai diakses dan digunakan menggunakan domain sistem yang dibutuhkan  dalam pembuatan nama masing-masing pengguna.

Bisa kita bayangkan saja bahwa ARPANET berkembang dengan waktu yang cukup panjang. Sehingga bisa digunakan sampai sekarang dan dinikmati sebagai akar dari web yang ada di dunia. Sudah dipastikan munculnya hal ini menjadi sebuah akar internet masa kini.

Proyek Teknologi ARPANET ini tentu saja perlu diketahui agar kita menjadi memiliki pemahaman yang baik. Bahwa internet yang sangat cepat dan mudah kita akses di masa sekarang memiliki perjalanan panjang. Mulai dari memenuhi tuntutan dan kebutuhan, lalu akhirnya menjadi andalan berbagai aspek pada masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *