Cara Mudah Membuat Spotify Pie Chart, Diagram Genre Lagu Favorit

Cara Mudah Membuat Spotify Pie Chart, Diagram Genre Lagu Favorit (Sumber: Kumparan)
Cara Mudah Membuat Spotify Pie Chart, Diagram Genre Lagu Favorit (Sumber: Kumparan)

Memahami prosedur pembuatan Spotify Pie Chart sangat bermanfaat bagi pengguna dalam mengidentifikasi beragam genre musik yang telah mereka dengarkan melalui akun mereka.

Spotify, sebagai layanan streaming musik digital, menawarkan suatu integrasi menarik antara seni dan data yang diproses dengan cara yang unik.

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar bagaimana membuat Spotify Pie Chart, artikel ini dari How To Tekno akan memberikan panduan langkah demi langkah yang detail.

Cara Membuat Spotify Pie Chart

Untuk membuat grafik lingkaran Spotify, Anda bisa mengunjungi situs pembuat grafik yang tersedia secara gratis di internet. Situs-situs ini biasanya memiliki fitur canggih dan bekerja sama dengan Github untuk menjaga keamanan kode dan data sensitif.

Salah satu situs yang bisa digunakan adalah huangdarren1106.github.io. Menurut situs tersebut, grafik lingkaran Spotify dibuat dengan menggabungkan semua data API dari akun Spotify pengguna menjadi sebuah gambar pie chart.

Grafik ini akan memperlihatkan berbagai genre musik yang sesuai dengan lagu-lagu dan daftar putar yang Anda dengarkan di Spotify. Jumlah genre yang Anda dengarkan akan menentukan jumlah irisan pada grafik tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat grafik lingkaran Spotify:

  1. Kunjungi Situs Hang Daren Buka browser di perangkat Anda dan kunjungi situs https://huangdarren1106.github.io/#google_vignette.
  2. Masuk ke Akun Spotify Anda Scroll ke bawah dan klik tombol ‘Login to Spotify’. Anda akan diarahkan ke halaman login. Masukkan email dan password akun Spotify Anda, atau masuk melalui akun Facebook, Google, atau ID Apple.
  3. Menyetujui Persyaratan Di halaman berikutnya, Anda perlu menyetujui bahwa situs pembuat grafik dapat mengakses data dan aktivitas akun Spotify Anda, termasuk konten yang diputar, perangkat yang terhubung, serta artis dan lagu yang diputar. Klik ‘Agree’ untuk melanjutkan.
  4. Menampilkan Grafik Setelah persetujuan, sistem akan menampilkan grafik lingkaran berdasarkan audio yang telah diputar di akun Spotify Anda. Grafik ini akan menunjukkan irisan berdasarkan genre lagu yang diputar. Anda juga bisa melihat artis atau penyanyi yang paling sering Anda dengarkan.

Setelah grafik selesai, Anda dapat mengambil tangkapan layar untuk dibagikan di media sosial. Selain itu, pengguna Spotify juga bisa mencoba membuat fitur lain seperti receiptify.

Cara Membuat Receiptify Spotify

Receiptify Spotify merupakan sebuah gambar mirip struk belanja yang menampilkan daftar lagu favorit pengguna dari Spotify. Pengguna dapat menghasilkan daftar ini berdasarkan lagu yang paling sering mereka dengarkan dalam periode satu bulan, enam bulan, atau sepanjang waktu.

Untuk membuat Receiptify Spotify, pengguna harus mengunjungi website Receiptify yang dikembangkan oleh Michelle Liu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka browser dan akses situs https://receiptify.herokuapp.com/.
  2. Pilih opsi ‘Log in with Spotify’ untuk masuk menggunakan akun Spotify Anda.
  3. Pilih periode pemutaran lagu yang diinginkan, antara ‘Last Month’, ‘Last 6 Months’, atau ‘All Time’.
  4. Tunggu proses pembuatan struk, yang akan menampilkan 10 lagu teratas yang paling sering Anda dengarkan.
  5. Unduh struk tersebut dengan mengeklik ‘Download’.
  6. Struk ini kemudian bisa dibagikan di berbagai platform media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *