Perusahaan China Ini Tutup Musical.ly Demi TikTok

Perusahaan China Ini Tutup Musical.ly Demi TikTok (Sumber: Yandex)
Perusahaan China Ini Tutup Musical.ly Demi TikTok (Sumber: Yandex)

Pada malam Rabu tanggal 1 Agustus 2018, perusahaan asal China yang memiliki TikTok, Bytedance Technology Co, mengumumkan penutupan aplikasi video Musical.ly yang telah mereka akuisisi dengan nilai hampir US$1 miliar (sekitar Rp 14,4 triliun) pada bulan Desember sebelumnya.

Mereka berencana untuk memindahkan pengguna Musical.ly ke versi terbaru dari pesaing lokalnya, TikTok.

Musical.ly, yang dirilis pada tahun 2014, dan TikTok, yang diluncurkan pada tahun 2016, keduanya memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi video pendek yang berfokus pada kegiatan bernyanyi dan menari, disertai dengan lagu-lagu terkenal dan beragam filter efek khusus.

Meskipun keduanya merupakan produk asal China, Musical.ly lebih dikenal di kalangan remaja di Amerika dan Eropa, sementara TikTok lebih populer di kalangan pemuda Asia, termasuk di Indonesia.

Stefan Heinrich, kepala pemasaran global TikTok, menyatakan bahwa penggabungan kedua platform ini terjadi karena keduanya memiliki geografi pengguna yang berbeda dan sedang berkembang pesat.

Dia juga menyoroti bahwa merek TikTok lebih luas dalam mencakup berbagai jenis konten, seperti komedi dan seni pertunjukan.

Kombinasi platform ini diharapkan dapat memungkinkan perusahaan untuk memperluas kehadirannya di berbagai pasar dengan lebih cepat dan mudah, serta membangun tim lokal untuk mendukung masing-masing pasar.

Musical.ly baru-baru ini mencapai 100 juta pengguna aktif bulanan, sementara TikTok mengumumkan memiliki 500 juta pengguna aktif bulanan pada bulan Juni.

Selain itu, Bytedance telah sukses dalam mengembangkan aplikasi berita Toutiao menjadi salah satu startup paling bernilai di sektor teknologi China. Meski begitu, perusahaan ini juga menghadapi pengawasan yang ketat dari pemerintah China terkait konten internet.

TikTok bahkan pernah diblokir sementara di Indonesia karena konten yang dianggap tidak pantas, sehingga perusahaan mengembangkan aplikasi terpisah untuk China yang dikenal sebagai Douyin.

Alex Zhu, co-founder Musical.ly dan wakil presiden senior TikTok, menyatakan bahwa penggabungan Musical.ly dan TikTok adalah langkah yang sesuai dengan misi kedua platform tersebut, yaitu menciptakan komunitas di mana setiap orang dapat menjadi pencipta konten.

Aplikasi baru ini juga akan membuka akses pengguna ke konten dari negara-negara baru serta menyediakan opsi tampilan yang sebelumnya hanya tersedia di salah satu dari kedua aplikasi tersebut.

Selain itu, aplikasi ini akan memperingatkan pengguna jika mereka telah menghabiskan lebih dari dua jam di dalamnya, mirip dengan fitur yang diperkenalkan oleh Facebook.

Akun dan konten pengguna yang sudah ada akan dipindahkan ke “aplikasi TikTok baru,” yang diharapkan akan tersedia di toko aplikasi pada malam Rabu. Pada bulan November sebelumnya, Bytedance menyatakan bahwa akuisisi Musical.ly akan membantu pengguna dan pengiklan memasuki pasar baru.

Terakhir, Musical.ly juga menutup Live.ly, aplikasi streaming langsung yang dikembangkan sebelum diakuisisi oleh Bytedance, dan mengarahkan pengguna untuk mencoba LiveMe, sebuah aplikasi pesaing yang diinvestasikan oleh Bytedance.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *