Perbedaan Aplikasi TikTok Shop dan TikTok Seller Center

Perbedaan Aplikasi TikTok Shop dan TikTok Seller Center (Sumber: Yandex)
Perbedaan Aplikasi TikTok Shop dan TikTok Seller Center (Sumber: Yandex)

Apakah Anda merasa jenuh dengan pengalaman berbelanja di aplikasi yang itu-itu saja? Kini, terdapat alternatif baru yang lebih seru dan penuh dengan promosi menarik, seperti di TikTok Shop, di mana Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan lebih.

Apa Yang Dimaksud Aplikasi TikTok?

TikTok merupakan platform digital yang menawarkan berbagai konten seperti video, gambar, dan musik. Aplikasi ini menyediakan fasilitas untuk mengedit video dan foto yang kemudian dapat diunggah ke platform tersebut. Video yang diupload bisa berdurasi hingga satu menit dan tersedia untuk ditonton oleh pengguna dari seluruh penjuru dunia.

Lebih dari sekadar menonton video, TikTok juga berfungsi sebagai sarana berdagang. Pengguna dapat melakukan penjualan langsung melalui video atau menggunakan link penjualan yang disertakan di TikTok Shop. Ini menjadi sebuah cara efektif bagi para penjual untuk memasarkan produk mereka.

Di samping itu, konsumen yang tertarik dengan produk dapat langsung membelinya dengan mengklik tombol ‘keranjang kuning’. Setelah mengisi data pribadi dan alamat, produk akan diproses, dikemas, dan dikirim oleh penjual. Sama seperti pada platform e-commerce lain, konsumen hanya perlu menunggu kedatangan barang setelah melakukan pembelian.

Bedanya Aplikasi TikTok Shop dan TikTok Seller Center

TikTok Shop berfungsi sebagai sarana bagi pedagang untuk mempromosikan barang mereka kepada pengguna TikTok. Sementara itu, TikTok Seller Center berperan sebagai ‘situs web’ di dalam aplikasi TikTok, tempat para pedagang menawarkan produk mereka.

Di TikTok Seller Center, Anda akan menemukan berbagai macam produk yang tersedia untuk dibeli. Jika Anda tertarik pada suatu produk, link yang disediakan akan mengarahkan Anda ke aplikasi TikTok Shop, di mana Anda bisa melanjutkan proses pembelian hingga memilih metode pembayaran.

Panduan Login Pada TikTok Shop

Untuk menggunakan TikTok Shop, Anda perlu terlebih dahulu membuat sebuah toko di TikTok Seller Center. Tanpa adanya toko di platform tersebut, Anda tidak akan bisa mengakses TikTok Shop.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat membantu Anda dalam membuat TikTok Seller Center agar dapat memanfaatkan TikTok Shop.

1. Membangun Toko di Pusat Penjual TikTok

Untuk mendirikan toko Anda, akses tautan https://seller-id.TikTok.com/. Gunakan akun TikTok yang ada untuk proses pendaftaran dan lengkapi dengan nomor telepon serta email aktif. Setelah masuk ke Pusat Penjual TikTok, atur lokasi toko Anda dengan mengisi informasi pribadi, kode pos, alamat, dan kontak.

Anda memiliki opsi untuk menetapkan alamat baru untuk pengembalian barang atau memilih alamat yang sudah terdaftar di akun TikTok Anda sebagai alamat pengembalian. Terakhir, setujui Syarat dan Ketentuan yang berlaku dan mulai usaha Anda.

2. Verifikasi Informasi Langkah berikutnya adalah verifikasi informasi.

Di Pusat Penjual TikTok, unggah dokumen yang diperlukan, kemudian verifikasi dan kirim dokumen tersebut. Pilih jenis usaha Anda, seperti usaha pribadi atau perusahaan, di bagian informasi penjual. Isi nama toko yang akan Anda kelola.

Untuk usaha pribadi, unggah dokumen seperti KTP, SIM, dan paspor. Untuk usaha perusahaan, unggah surat izin usaha dari pemerintah. Setelah mengunggah semua dokumen, kirimkan untuk ditinjau oleh Pusat Penjual TikTok.

3. Pembuatan Akun Bank

Langkah terakhir adalah membuat akun bank untuk toko Anda. Tidak perlu membuka rekening baru; cukup hubungkan rekening bank yang ada ke toko Anda. Setelah semua persyaratan terpenuhi, Anda dapat masuk ke Toko TikTok dan memulai menggunakan akun Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *