Pengertian dan Jenis-jenis Iklim di Dunia

Pelajari pengertian dan beragam jenis iklim yang ada di dunia melalui website ini. (Sumber: Kompas)
Pelajari pengertian dan beragam jenis iklim yang ada di dunia melalui website ini. (Sumber: Kompas)

Iklim adalah faktor penting dalam alam yang telah diteliti oleh manusia selama bertahun-tahun. Pengaruh iklim terhadap kehidupan manusia sangat besar, termasuk dalam bidang seperti pertanian, peternakan, ekonomi, dan kesehatan. Lalu, apa sebenarnya definisi dari iklim?

Definisi Iklim

Iklim merupakan rangkaian atau kondisi umum cuaca yang berlangsung sehari-hari. Ini berarti, iklim adalah hasil dari pengamatan terhadap berbagai unsur cuaca yang dicatat setiap hari selama periode waktu yang panjang. Dengan demikian, iklim adalah rata-rata keadaan cuaca di suatu area di permukaan bumi.

Untuk mengukur iklim di sebuah area diperlukan waktu yang tidak sebentar, yaitu antara 10 hingga 30 tahun. Ilmu tentang iklim dipelajari dalam cabang ilmu yang bernama klimatologi.

Macam-Macam Iklim di Dunia

Berdasarkan penelitian yang berfokus pada matahari, iklim di bumi dibagi menjadi empat kategori, yaitu iklim tropis, iklim subtropis, iklim sedang, dan iklim dingin.

Berikut adalah penjelasan mengenai macam-macam iklim tersebut:

  1. Iklim Tropis: Terjadi di daerah sekitar ekuator, seperti Indonesia. Di iklim tropis, cuaca tetap hangat sepanjang tahun tanpa musim dingin. Beberapa area tropis adalah hutan hujan tropis yang terletak dekat ekuator. Sedangkan area yang lebih jauh dari ekuator, kondisinya lebih kering hingga menjadi padang pasir.
  2. Iklim Subtropis: Ditemukan di daerah dengan lintang antara 20 hingga 40 derajat. Daerah beriklim subtropis memiliki variasi suhu harian dan musiman yang lebih luas dibandingkan daerah tropis. Contohnya di kawasan Mediterania seperti Yunani dan Italia, iklimnya hangat, dengan musim panas yang kering dan musim dingin yang basah. Iklim subtropis memiliki curah hujan sedang sepanjang tahun.
  3. Iklim Sedang: Iklim ini terdapat di utara garis khatulistiwa dan dikenal juga sebagai iklim siklon. Di sini, udara dingin dari kutub bertemu dengan udara hangat, menghasilkan hujan dan salju. Iklim ini memiliki empat musim, yaitu musim panas, gugur, dingin, dan semi.
  4. Iklim Dingin: Terletak di kutub bumi, baik kutub utara maupun selatan. Di wilayah ini, musim dingin berlangsung sepanjang tahun dengan suhu yang sering di bawah nol derajat Celsius. Beberapa area memiliki banyak salju dan es, sementara di tempat lain, tanahnya membeku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *